INOVASI SEKOLAH BERKEMAJUAN DALAM PENANGANAN ABK


Oleh : Ruswati, S.Pd.


Salah satu strategi untuk menggali potensi anak dalam bakat dan minat perlu adanya pendeteksian dini pada anak didik yaitu dengan cara melibatkan tenaga praktisi dari bidang profesional yang menekuninya. Dalam hal ini SD IT Muhammadiyah Rawalo bekerja sama dengan Bpk. Tri Mulyanto AOT dari RS. Margono Soekarjo Purwokerto dan sebagai pratiksi yang dipercaya Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas sebagai ahli tumbuh kembang anak untuk mendeteksi anak didik dari sekolah kami supaya kesulitan belajar dan kekurangan baik fisik maupun mental bisa diarahkan pada bakat minat yang dimiliki.
Pada kesempatan ini antusiasme dari wali siswa dalam mengikuti deteksi dini sangat baik. Terbukti pada sesi diskusi mereka sangat interaktif untuk mengkonsultasikan permasalah putra-putrinya. Dari pengarahan dan bimbingan Bpk. Tri Mulyanto AOT wali siswa mendapat pencerahan mengenai anak berkebutukan khusus (ABK) yang sebenarnya mereka masih sangat awam. Mereka tidak lagi menganggap ABK adalah anak yang harus dibatasi dalam pergaulan dilingkungan atau bahkan menjadi sebuah aib keluarga yang tidak boleh orang lain tahu. Karena sebenarnya ABK merupakan kekurangan yang bisa ditutupi dengan kelebihan lain yang dimiliki oleh anak tersebut. 
Dengan selesainya acara pendeteksian ABK Anak-anak dapat dikemas dalam suatu program pendidikan terpadu di sekolah kami sehingga anak tersebut dapat tertangani dan diperhatikan lebih dari anak yang lainnya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sekolah kami dapat menangani anak tersebut dengan baik sebagai suatu layanan plus yang krreatif dan tidak dimiliki oleh sekolah lain. (Rawalo, 25 Januari 2019)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tingkatkan Mutu dengan Kegiatan Study Banding

RAIH PRESTASI DI AJANG BERGENGSI TINGKAT KECAMATAN RAWALO

Munaqosyah Metode Ummi Angkatan ke-1 Tahun 2023