WARNA-WARNI RAMADHAN THE EXTIMOS 1440



Ramadhan tahun 1440 H ini kami SD IT Muhammadiyah Rawalo banyak kegiatan islami yang terlaksana baik dalam menyongsong ataupun mengisi bulan suci yang penuh berkah. Untuk menyongsong bulan Ramdhan sekolah kami mengawali dengan pawai Tarhib Ramadhan yang mengarahkan seluruh siswa dari kelas sampai dengan kelas enam. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara pawai keliling wilayah sekitar lingkungan sekolah, dengan diramaikan oleh The Extimos Drum Band dan pamphlet-pamflet yang dibawa oleh siswa dengan berbagai macam tulisan, sebgai contoh “MARHABAN YA RAMADHAN 1440”. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan atau mensiarkan datangnya bulan suci Ramadhan kepada anak didik dan masyarakat pada umumnya sebagai bulan yang dinanti, bulan yang penuh berkah, dan bulan yang penuh dengan kemulian.

Awal bulan Ramadhan sekolah kami mengawali dengan kegiatan pesantren Ramadhan selama 2 hari yang berisikan lomba islami dan pemberian materi dari Ustad dan Ustadzah yang handal dibidangnya. Pada pesantren Ramadhan ini diakhiri buka bersama yang diikuti oleh siswa dari kelas tiga sampai dengan kelas enam, dengan pemberian ifhtor dari Bpk. H. Darmono dan wali siswa SD IT Muhammadiyah Rawalo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan menanamkan nilai religi lebih dalam kepada anak didik juga terjalinnya silaturahmi anatara sekolah dengan pihak masyarakat. Terbukti sekolah kami dapat mengirimkan sebagian ifhtor kepada mushola-mushala tersdekat.

Perolehan dana yang melebihi anggaran ifhtor pada acara buka bersama kami manfaatkan untuk kegiatan”THE EXTIMOS TAKJIL ON THE ROAD”, kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu setiap sore dengan membagikan takjil kepada para musyafir dan masyarakat diarea-area keramaian seperti persimpangan jalan, pintu rel kereta api, dan pusat keramaian lainnya. Area pembagian ifhtor anatara lain Simpang Tiga Rawalo, Pintu Rel Kereta Api Tambak Negara Rawalo, Alun-Alun Jatilawang, Simpang Wangon, Simpang Buntu, dan Bundaran Tugu Selatan Sampang. Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dan mendapat antusiasme dari masyarakat yang luar biasa. Pada acara ini kami melibatkan siswa dan siswi untuk aktif ikut serta dalam membagikan ifhtor, hal ini ditujukkan untuk menumbuhkan rasa empati siswa kepada sesama muslim.

Kegiatan akhir bulan ramadhan tahun ini kami juga mengumpulkan zakat dari siswa yang kemudian dibagikan kepada siswa yang membutuhkan dan warga masyarakat dilingkungan sekolah. Dari dua ratus dua puluh lima muzzaki kita membagikan ke seratus lima puluh mustahiq yang terdiri dari wali siswa dan warga masyarakat dilingkungan sekitar sekolah dengan pembagian beras 5 KG setiap mustahiqnya. Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim untuk membayar zakat, selain itu kegiatan ini juga diharapakan dapat melatih empati siswa dan menjaga tali silaturahmi dengan warga sekitar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tingkatkan Mutu dengan Kegiatan Study Banding

RAIH PRESTASI DI AJANG BERGENGSI TINGKAT KECAMATAN RAWALO

Munaqosyah Metode Ummi Angkatan ke-1 Tahun 2023